Kamis, 01 Maret 2012

BER-INTERNET SEHAT BAGI ANAK


Pada masa era digital ini, menjadi orang tua yang memiliki anak yang telah menunjukkan demam tekhnologi sejak kecil, bukanlah suatu hal yang mudah dibayangkan.

Internet yang pemakaiannya sangat luas dan bisa dipakai dimana saja karena adanya kemudahan untuk hal tersebut, ibarat memiliki dua sisi koin yang berseberangan. Disatu sisi bisa membantu orang tua bahkan anak-anak itu sendiri dengan segala problemanya untuk mencari informasi yang mereka butuhkan yang bahkan dilengkapi dengan riset terbaru. Bahkan untuk si anakpun sesuai dengan tuntutan zaman, internet bisa dibilang sebagai santapan harian. Namun, sebaliknya, jika tidak dibarengi dengan cara bijak, kehidupan digital bisa menjadi buah simalakama dalam kehidupan keluarga dan proses tumbuh-kembang anak.

Kita menyadari tidak semua konten yang beredar di Internet berbau positif namun banyak juga yang berbau negatif jadi sekarang tinggal bagaimana kita dapat memanfaatkan internet dengan baik dan sehat. Untuk meminimalisir dampak negatif dari penggunaan intenet bagi anak peran orang tua sangat dibutuhkan.
Upaya yang dapat dilakukan agar anak dapat berinternet dengan sehat adalah sebagai berikut :

1. Jika di rumah kita ada anak di bawah umur, gunakan Internet bersama dengan anggota keluarga lain yang lebih dewasa. Tempatkan komputer di ruang keluarga atau di tempat yang mudah diawasi oleh kita. Jika diperlukan, berilah penjadwalan/ pembatasan waktu untuk anak dalam menggunakan Internet.

2. Pelajarilah sarana komunikasi dan kandungan informasi yang ditawarkan oleh Internet, secara bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ajukanlah pertanyaan kepada mereka. Dengan banyak bertanya, kita bisa menggali sejauh mana mereka memahami Internet, juga tentang cara menggali informasi yang bermanfaat.

3. Berikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga untuk tidak menanggapi/menjawab setiap e-mail ataupun private chat dari orang yang tak dikenal, termasuk tidak membuka file kiriman (attachment) dari siapapun dan dalam bentuk apapun.


4. Pertegaslah kepada siapapun yang menggunakan Internet di rumah kita untuk tidak memberikan data pribadi/keluarga, alamat rumah/sekolah, nomor telepon, tanggal lahir,2password dan data diri lainnya kepada orang yang tak dikenal, ataupun saat mengisi informasi data diri di situs personal, blog ataupun situs lainnya di Internet semisal Friendster. com, MySpace.com ataupun Facebook.com

5. Mintalah kepada anak di bawah umur untuk segera meninggalkan situs yang tidak pantas atau yang membuat mereka tidak nyaman, baik disengaja ataupun tidak sengaja terbuka. Bujuklah agar mereka terbiasa bercerita kepada kita tentang segala sesuatu yang mereka temui di Internet.

6. Tegaskan kepada anak maupun remaja di rumah kita untuk tidak gegabah merencanakan pertemuan langsung (face-to-face) dengan seseorang yang baru mereka kenal di Internet. Jika memang mereka bersikeras untuk tetap bertemu, maka harus dipastikan ada orang dewasa yang menemani dan pertemuannya harus berlangsung di tempat umum/publik.

Upaya dan peran orang tua didalam membimbing anaknya menggunakan intenet dapat dibedakan dengan berbagai tingkatan usia misalnya anak yang berusia 2-4 tahun yang dikenalkan kepada anak adalah situs apa saja yang boleh dibuka serta membimbing anak untuk membuka situs secara bersamaan dan mengatakan kepada anak terus berada pada situs yang telah dibuka dan tidak untuk membuka situs lain.

Diusia 4-7 tahun yang dilakukan adalah dengan menjelaskan kepada anak terhadap situs-situs yang boleh dikunjungi dan yang bermanfaat bagi ilmu pendidikan boleh dibuka, sedangkan situs-situs yang tidak bermanfaat kita mengajurkan kepada anak untuk tidak membukanya. Kita dapat menyampaikan kepada anak bahwa situs-situs yang melanggar akhlak kalau dibuka akan berdosa. Peran lain yang dilakukan orang tua adalah dengan memasang software penangkal materi-materi yang berbau negatif dari internet. Software-sofware ini antara lain software parental ( filter, monitor dan penjadwalan) seperti K9 Web Protection(www.k9webprotection.com), Sofware browser anak seperti www.kidrocked.org, software firewall seperti www.zonealam.com.

Bagi anak diusia 7-10 tahun, anak sudah mulai mencari informasi dan kehidupan sosial diluar keluarga mereka. rata-rata pada usia ini anak mengingikan kebebasan lebih banyak dari orang tuanya.

Di dalam penggunaan internet bagi anak usia ini, tepatkan komputer di ruang terbuka dan pasang software penangkal materi-materi yang berbau negatif dari internet. Arahkan anak-anak untuk membuka situs-situs yang bermanfaat.

Pada usia 10-12 tahun bimbingan yang dilakukan dalam menggunakan internet adalah membimbing mereka mengerjakan tugas tugas  sekolah dengan menggunakan internet dan memberikan batasan waktu penggunaan internet. Berikan informasi kepada anak bahwa apa yang ada dinternet tidak semua baik tinggal bagaimana memilih informasi atau pelajaran yang bersifat positif.

Pada usia 12-17 tahun anak-anak sudah mulai aktif menjalani kehidupan sosialnya, banyak diantara mereka menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook dan lainnya. Usia ini anak-anak sudah mulai tertarik dengan pasangan lawan jenisnya. Mereka akan mencoba melakukan eksplorasi untuk memenuhi rasa ketertarikan dan penasaran mereka. Peran orang tua yang lebih sangat dibutuhkan untuk mendidik dan membimbing dalam menggunakan internet pada masa-masa usia ini. Berikan pengertian kepada anak bahwa terdapat semua yang diinginkan pada internet tinggal bagaimana anak dapat mem-filter mana yang bersifat positif maupun yang negatif. Wallahu A’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar