Minggu, 09 September 2012

PENDENGKI SELALU SAKIT HATI

 
"Gelang di tangan orang hendak dirampas tiada dapat, cincin di jari sendiri terlucut hilang."

Begitulah pribahasa menggambarkan keadaan orang yang menyimpan rasa iri dan dengki.

Harapan ingin mendapatkan milik orang tak didapatkan, namun sesuatu yang menjadi milik sendiri dikorbankan.

Karena sejatinya pendengki selalu rugi, tak ada keuntungan sedikitpun bagi pendengki.
Bahkan, gambaran pribahasa tersebut belum cukup menggambarkan total kerugian orang yang dialami orang yang terjangkiti penyakit iri dengki.

1. SELALU SAKIT HATI
Melihat tetangga beli perabot baru, ia menggunjing kesana kemari. Ia fitnah tetangganya dgn sesuatu yang tidak-tidak, padahal ia sendiri sebetulnya menginginkan perabot tsb. Maka giliran tetangga semakin jaya, ia pun semakin benci dgn kehidupan bertetangga.

2. SELALU PEMARAH
Ia akan marah bila melihat orang lain senang dan mendapat nikmat. Yang ia inginkan nikmat itu seharusnya jadi miliknya dan bukan milik orang lain.

3. SELALU UMBAR MULUT
Ibarat kancil, mau meraih anggur tapi apa daya tinggi tak sampai. Akhirnya ia umbar mulut kesana kemari dgn mengatakan "ANGGUR ITU PAHIT, BERACUN." Ia katakan pada semua penghuni hutan, dan seisi hutanpun menertawakan atas ketidakmampuan dan irinya karena tak mampu meraih anggur.

4. SELALU BANYAK MUSUH
Ia merasa orang-orang yang diatasnya adalah saingan dan musuhnya, sehingga ia pun memusuhi siapapun tak peduli ia keluarga, saudara maupun tetangga. Ia tak mau ada orang lebih baik darinya.

5. SELALU CEPAT SAKIT
Yach.. Itulah fenomena, orang yg mudah sakit hati, iri dengki, putus asa dan galau hatinya, maka tubuhnya akan lebih cepat terkena penyakit daripada orang yang hatinya luas. Ibarat air sekolam dibanding air lautan, manakah yang lebih dahulu keruh airnya?

So.. Buang jauh yang namanya iri dengki, kalau anda ingin sehat dzohir dan batin.

1 komentar:

  1. Semoga kita terhindar dari sifat-sifat demikian, ya Allah kabulkanlah permintaan hambMu ini aamiinn

    BalasHapus