Selasa, 19 Juni 2012

KONSEP MADRASAH DINIYAH AN – NUR



       I.            PENDAHULUAN
Pendidikan Diniyah pada saat itu masih bersifat non formal yang dilaksanakan; di surau, di langgar, di masjid, dan tempat-tempat lain yang sejenis untuk melakukan telaah kitab-kitab kuning (kitab klasik) karya para ulama salafi (klasik) yang dikarang pada abad ke 9-14 Masehi. Dengan metode pembelajaran; sorogan, motonan, dan sejenisnya yang berlangsung dan dilakukan secara individual dan bersifat personal antara kyai dengan para santri.
Ketika  jumlah santri mengalami perkembangan pesat di pondok pesantren, pendidikan diniyah mulai diarahkan pada sistem pendidikan Madrasi (klasikal) dimana sistem ini dipengaruhi oleh sistem Madrasah di Timur Tengah atau Mesir yang dibawa para kiyai, atau ulama, yang pernah belajar di negara-negara tersebut.

    II.            DASAR PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DINIYAH
Baik pendidikan diniyah klasikal maupun pendidikan diniyah takmiliyah dalam konteks Sistem Pendidikan Nasional termasuk kategori pendidikan nonformal. Dalam Sistem Pendidikan Nasional, semua aktivitas pendidikan termasuk pendidikan diniyah merupakan sub-sistem dari sistem pendidikan nasional. Apabila pendidikan diniyah akan ditempatkan sebagai pendidikan formal, maka perlu diperhatikan dasar-dasar hukum sebagai berikut :
1. Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
3. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Peraturan Pemerintah RI Nomor 55 Tahun 2007  Tentang Pendidikan Agama dan  Pendidikan Keagamaan
5. Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 72 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Pendidikan No. 22 dan 23 Tahun 2006
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI  Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

 III.            STRUKTUR ORGANISASI MADRASAH DINIYAH WUSTHO






















*Di sampaikan saat rapar pembentukan Madrasah Diniyah Wustho An - Nur
 IV.            STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH DINIYAH WUSTHO
Struktur kurikulum Madarasah Diniyah Wustho meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai dari kelas VII sampai dengan IX. Standar kurikulum disusun bedasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:

Struktur Kurikulum Madrasah Diniyah Wustho disajikan sebagai berikut:

K O M P O N E N
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
VII
VIII
IX
A. MATA PELAJARAN




  1
Ilmu Tauhid
1
1
1

  2
Ilmu Fiqh
1
1
1

  3
Hadits
1
1
1

  4
Nahwu
2
2
2

  5
Sharaf
2
2
2

  6
Bahasa Arab
1
1
1

  7
Akhlaq
1
1
1

  8
Tajwid
1
1
1

  9
Tarikh Islam
1
1
1

10
Imla’
1
1
1

11
Mushtolah Hadits
-
1
1

12  
Ushul Fiqh
-
-
1

13  
Qowaid Fiqh
-
-
1

 B. MUATAN LOKAL



1
Khitobah
1
1
1
 2
Tilawah Qur’an
1
1
1
 3
Rotib Tahlil
1
1
1
4
Maulid Burdah
1
1
1


KITAB-KITAB MARAJI’ (KITAB-KITAB KUNING SUMBER MATA PELAJARAN)

MATA   PELAJARAN   ILMU-ILMU KEISLAMAN
KITAB – KITAB  MARAJI’ (Pilihan)
KELAS I
1
Ilmu Tauhid
Aqidatul Awam
2
Ilmu Fiqh
Safinatun Naja
3
Akhlaq
Taisirul Khollaq
4
Hadits
Arba’in Nawawi
5
Tajwid
Hidayatus Shibyan
6
Bahasa Arab
Syi’ir Lughoty
7
Nahwu
Al – Jurumiyah I
8
Shorof
At – Tashrif I
9
Tarikh Islam
Khulashoh I
10
Imla’
At – Takhrij
KELAS II
1
Tauhid
Jawahirul Kalamiyah
2
Fiqh
Fath Al Qarib I
3
Hadits
Bulugh Al Maram I
4
Mustholah Hadits
Mandzumah Al – Baiquny
5
Tajwid
Tuhfah Athfal
6
Bahasa Arab
Talimul Lughah Al Arobiyah
7
Nahwu
Al – Ajurumiyah II
8
Akhlaq
Ta’limul Muta’allim
9
Tarikh Islam
Khulashoh II
10
Shorof
At – Tashrif II
KELAS III
1
Tauhid
Fathul Majid
2
Fiqh
Fath Al Qarib II
3
Muhadatsah Al – Arabiyyah
Diktat guru
4
Hadits
Bulugh Al Maram II
5
Usul Fiqh
Al Waraqat
6
Mustholah Hadits
Minhah Al Mughits
7
Tajwid
Hidayatul Mustafid
8
Nahwu
Al – Imrithy
9
Akhlaq
Adabul Alim wal Muta’allim
10
Tarikh Islam
Khulashoh III
11
Qowaid Al Fiqhiyyah
Al – Faraidul Bahiyyah

LEMBAGA PENDIDIKAN PPTM (PROGAM PASCA TAMATAN MADRASAH)

PELAJARAN   KEISLAMAN & SKILL
KETERANGAN
1
Protokoler / MC

2
Dekorasi Hiasan Janur / gabus

3
Aplikasi Kompoter

4
Pencak Silat

5
Manaqib

6
Pidato 3 Bahasa

7
Bilal & Khotib

8
Suluk Hajatan

9
Bimbingan Muqri’ Yanbu’a

10
Terapan Metode Mengajar


رب يسرولا تعسررب تمم بالخيروبه العون
امين

Tidak ada komentar:

Posting Komentar