I.
PENDAHULUAN
Pendidikan Diniyah pada saat itu
masih bersifat non formal yang dilaksanakan; di surau, di langgar, di masjid,
dan tempat-tempat lain yang sejenis untuk melakukan telaah kitab-kitab
kuning (kitab klasik) karya para ulama salafi (klasik) yang dikarang
pada abad ke 9-14 Masehi. Dengan metode pembelajaran; sorogan, motonan, dan
sejenisnya yang berlangsung dan dilakukan secara individual dan bersifat
personal antara kyai dengan para santri.
Ketika jumlah santri mengalami
perkembangan pesat di pondok pesantren, pendidikan diniyah mulai diarahkan pada
sistem pendidikan Madrasi (klasikal) dimana sistem ini dipengaruhi oleh
sistem Madrasah di Timur Tengah atau Mesir yang dibawa para kiyai, atau ulama,
yang pernah belajar di negara-negara tersebut.
II.
DASAR PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
DINIYAH
Baik pendidikan diniyah klasikal
maupun pendidikan diniyah takmiliyah dalam konteks Sistem Pendidikan Nasional
termasuk kategori pendidikan nonformal. Dalam Sistem Pendidikan Nasional, semua
aktivitas pendidikan termasuk pendidikan diniyah merupakan sub-sistem dari
sistem pendidikan nasional. Apabila pendidikan diniyah akan ditempatkan sebagai
pendidikan formal, maka perlu diperhatikan dasar-dasar hukum sebagai berikut :
1. Undang-Undang
RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Undang-Undang
RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
3. Peraturan
Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Peraturan
Pemerintah RI Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
5. Peraturan
Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru
6. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 72 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
7. Peraturan
Menteri Pendidikan Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Kompetensi Lulusan Untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah
8. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan
Pendidikan No. 22 dan 23 Tahun 2006
9. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
III.
STRUKTUR ORGANISASI MADRASAH DINIYAH
WUSTHO
*Di sampaikan saat rapar pembentukan Madrasah Diniyah Wustho
An - Nur
IV.
STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH DINIYAH
WUSTHO
Struktur kurikulum Madarasah Diniyah
Wustho meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang
pendidikan selama tiga tahun mulai dari kelas VII sampai dengan IX. Standar
kurikulum disusun bedasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi
mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:
Struktur Kurikulum Madrasah Diniyah
Wustho disajikan sebagai berikut:
K
O M P O N E N
|
KELAS
DAN ALOKASI WAKTU
|
||||
VII
|
VIII
|
IX
|
|||
A.
MATA PELAJARAN
|
|||||
1
|
Ilmu Tauhid
|
1
|
1
|
1
|
|
2
|
Ilmu Fiqh
|
1
|
1
|
1
|
|
3
|
Hadits
|
1
|
1
|
1
|
|
4
|
Nahwu
|
2
|
2
|
2
|
|
5
|
Sharaf
|
2
|
2
|
2
|
|
6
|
Bahasa Arab
|
1
|
1
|
1
|
|
7
|
Akhlaq
|
1
|
1
|
1
|
|
8
|
Tajwid
|
1
|
1
|
1
|
|
9
|
Tarikh Islam
|
1
|
1
|
1
|
|
10
|
Imla’
|
1
|
1
|
1
|
|
11
|
Mushtolah Hadits
|
-
|
1
|
1
|
|
12
|
Ushul Fiqh
|
-
|
-
|
1
|
|
13
|
Qowaid Fiqh
|
-
|
-
|
1
|
|
B. MUATAN LOKAL
|
|||||
1
|
Khitobah
|
1
|
1
|
1
|
|
2
|
Tilawah Qur’an
|
1
|
1
|
1
|
|
3
|
Rotib Tahlil
|
1
|
1
|
1
|
|
4
|
Maulid Burdah
|
1
|
1
|
1
|
KITAB-KITAB MARAJI’ (KITAB-KITAB
KUNING SUMBER MATA PELAJARAN)
MATA
PELAJARAN ILMU-ILMU KEISLAMAN
|
KITAB
– KITAB MARAJI’ (Pilihan)
|
|
KELAS I
|
||
1
|
Ilmu Tauhid
|
Aqidatul Awam
|
2
|
Ilmu Fiqh
|
Safinatun Naja
|
3
|
Akhlaq
|
Taisirul Khollaq
|
4
|
Hadits
|
Arba’in Nawawi
|
5
|
Tajwid
|
Hidayatus Shibyan
|
6
|
Bahasa Arab
|
Syi’ir Lughoty
|
7
|
Nahwu
|
Al – Jurumiyah I
|
8
|
Shorof
|
At – Tashrif I
|
9
|
Tarikh Islam
|
Khulashoh I
|
10
|
Imla’
|
At – Takhrij
|
KELAS II
|
||
1
|
Tauhid
|
Jawahirul Kalamiyah
|
2
|
Fiqh
|
Fath Al Qarib I
|
3
|
Hadits
|
Bulugh Al Maram I
|
4
|
Mustholah Hadits
|
Mandzumah Al – Baiquny
|
5
|
Tajwid
|
Tuhfah Athfal
|
6
|
Bahasa Arab
|
Talimul Lughah Al Arobiyah
|
7
|
Nahwu
|
Al – Ajurumiyah II
|
8
|
Akhlaq
|
Ta’limul Muta’allim
|
9
|
Tarikh Islam
|
Khulashoh II
|
10
|
Shorof
|
At – Tashrif II
|
KELAS III
|
||
1
|
Tauhid
|
Fathul Majid
|
2
|
Fiqh
|
Fath Al Qarib II
|
3
|
Muhadatsah Al – Arabiyyah
|
Diktat guru
|
4
|
Hadits
|
Bulugh Al Maram II
|
5
|
Usul Fiqh
|
Al Waraqat
|
6
|
Mustholah Hadits
|
Minhah Al Mughits
|
7
|
Tajwid
|
Hidayatul Mustafid
|
8
|
Nahwu
|
Al – Imrithy
|
9
|
Akhlaq
|
Adabul Alim wal Muta’allim
|
10
|
Tarikh Islam
|
Khulashoh III
|
11
|
Qowaid Al Fiqhiyyah
|
Al – Faraidul Bahiyyah
|
LEMBAGA PENDIDIKAN PPTM (PROGAM
PASCA TAMATAN MADRASAH)
PELAJARAN KEISLAMAN & SKILL
|
KETERANGAN
|
|
1
|
Protokoler
/ MC
|
|
2
|
Dekorasi
Hiasan Janur / gabus
|
|
3
|
Aplikasi
Kompoter
|
|
4
|
Pencak
Silat
|
|
5
|
Manaqib
|
|
6
|
Pidato
3 Bahasa
|
|
7
|
Bilal
& Khotib
|
|
8
|
Suluk
Hajatan
|
|
9
|
Bimbingan
Muqri’ Yanbu’a
|
|
10
|
Terapan
Metode Mengajar
|
رب يسرولا تعسررب تمم بالخيروبه العون
امين
Tidak ada komentar:
Posting Komentar